Mengandalkan Tuhan


Oleh Robert Tjahjono dalam Warta 030612

Tahun ini disebut The Year of Investment/ Tahun Investasi. Dalam kamus Investasi selalu dikaitkan dengan bisnis, pasar modal/ saham dll, bila didefinisikan : Menanam modal untuk mendapatkan keuntungan.

Sebelum jauh memahami dan mengaktualisasikan diri dalam tahun investasi, mari kembali pada nilai/ Value kehidupan RoL, yaitu : Bergantung pada Tuhan (Dependence on God). Nilai/ Value adalah Karakteristik, ciri mulai yang ditonjolkan dalam kehidupan, orang yang mempunyai nilai/ value akan hidup dengan kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Dalam masa kelimpahan dapat bersyukur dan berbagi, dalam masa kekurangan dapat bersyukur dan menerima.

Orang yang Bergantung pada Tuhan, ialah :

1. Orang yang sadar akan Tuhan, bertumbuh terus mengenali Tuhan dalam semua aspek hidup. Tuhan bukan hanya dalam aspek kerohanian saja tetapi semua aspek hidup ini  : Keuangan, keluarga, hubungan, pekerjaan, pendidikan dan lain lain. Pengenalan akan Tuhan inilah yang akan membuat perbedaan hidup dengan orang yang belum percaya, lewat pengenalan akan Tuhan, didapatkan Hikmat, yaitu pengenalan terhadap makna kehidupan sehingga tidak hidup sia-sia tetapi memberi arti. Pengenalan akan Tuhan membawa kesadaran semakin meningkat sehingga menjadi orang yang ingat Tuhan dengan apa yang dilakukan. Kenali Tuhan lewat Firman Nya dan saat intim dengan Nya.
Paulus orang yang pintar/ cerdas/ tokoh memberikan ungkapan bahwa :

“Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.   Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan” 
Filipi 3:7-9 

Artinya pengenalan akan Tuhan lebih mulia dari apa yang mungkin paling baik pada masa sebelumnya. Sudahkan kesadaran akan Tuhan meningkat dalam hidup ini ?

2. Orang yang percaya kepada Tuhan, bertumbuh dalam iman. Percaya penuh bahwa Tuhan tahu apa yang terbaik dalam kehidupan ini, kondisi bisa berubah tetapi keyakinan akan Tuhan akan tetap, bahkan meningkat. Lewat Kondisi tersebut, semakin tahu apa yang terbaik, yang Tuhan sediakan dalam hidup ini. Percayalah pada Tuhan dalam semua kondisi hidup.

“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia”. 
Ibrani 11:6

3. Orang yang berserah kepada Tuhan, bertumbuh dalam pengharapan. Penyerahan yang akan membuat kekuatiran hilang,  pengalaman hidup yang yang membuat belajar dari cara Tuhan. Berserahlah dengan belajar cara dan jalan Nya.

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 
I Petrus 5:7

Bergantung pada Tuhan adalah perjalanan kehidupan orang percaya yang dijalani dengan mengenali Tuhan sehingga meningkat kesadarannya, memudahkan untuk mempercayai Tuhan sepenuhnya dan semakin hidup dalam penyerahan.

Berinvestasilah dengan mengenali kehendakNya, sehingga dalam dinamika hidup tetap percaya/ yakin dan menyerah sepenuhnya dalam pembelajaran hidup ini bahwa Yesus yang terbaik & bersama dengan Nya melakukan perkara besar.

Tuhan memberkati !  

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.